25 Agu 2010

AKIK

Add caption

nogo suwe

combong
Akik adalah sebuah batu bergambar atau bercorak alami, yang diolah dengan menggosoknya sehingga halus, kemudian diberi emban ataupun bingkai untuk mempercantik penampilan akik tersebut. Bebatuan yang berasal dari daerah tertentu dan jarang sekali orang awam dapat
menemukanya dengan mudah, karena bebatuan yang memiliki corak dan warna yang beraneka ragam ini hanya dapat ditemui pada daerah khusus. kismantoro merupakan salah satu daerah yang memiliki / ditumbuhi bebatuan indah dan mempesona tersebut.

Berbagai macam jenis akik yang dapat dipilih para penggemar akik, antara lain ada nogo suwe/nogo suwi, tapak jalak, dan lain-lain yang merupakan batuan yang  berwarna dan ber gambar. Sedangkan untuk puser, combong, ranik , dan sejenisnya merupakan dari dasar batuan celup atau bening.Untuk akik jenis nogo dan tapak jalak sedikit sulit untuk menemukannya didaerah Kismantoro, mungkin karena itu  harganya pun sedikit lebih mahal dari akik yang berdasar bening atau celup.
Sayangnya Kismantoro belum mampu untuk memproduksi secara masal produk akik tersebut, mungkin hanya beberapa Orang yang  membuat, namun hanya untuk keperluan sendiri atau sebagai contoh untuk para produsen akik,dan belum mampu untuk memproduksi secara masal dan memasarkannya dengan serius.
Saat ini kami masyarakat Kismantoro menunggu para infestor yang tertarik untuk sudi menanamkan modalnya atau membuat pabrik khusus akik kalau perlu
Kebanyakan produsen yang masuk dan membeli bahan akik adalah dari daerah Pacitan jawa timur yang telah memiliki nama sebagai produsen akik yang besar, dan produknya pun telah dinikmati oleh penikmat akik dari Nusantara dan belahan dunia. Adapun sebagian bahan akik yang lain dibeli produsen dari Sukabumi jawa barat.

Tidak ada komentar: